Batuan Sempur

atau Batu fosil (Silicified wood) adalah fosil dari pohon-pohon Sempur tua yang telah tertimbun jutaan tahun lalu, dimana kekerasan batu ini cukup keras sekali. bahkan kadangkala kita temui fosil pohon ini kadang kala masih hampir utuh. Batuan ini tersebar dari wilayah banten tengah hingga ke selatan. Batu sempur ini banyak di buat menjadi benda-benda kerajinan, tetapi paling banyak dibuat utuh atau natural hanya dipoles untuk mengeluarkan warnanya. BATUSEMPUR adalah Fosil Kayu berkomposisi SiO2.nH2O yang terdapat pada formasi batuan berumur Pliosen (± 2-7 Juta Tahun) Keterjadian : Proses Silisifikasi yang diakibatkan oleh Larutan Hidrotermal pada fasa akhir sebuah proses magmatik, Keterdapatan : Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang dan Tangerang Provinsi Banten-Indonesia.

 

Fosil kayu menurut kejadiannya tak jauh berbeda dengan fosil lainnya. Material kayu tertimbun jutaan tahun di lapisan dalam tanah atau batuan luarnya saja, karena adanya aktifitas magmatik material kayu asalnya digantikan oleh material Silika (SiO2). Ketika diangkat ke permukaan bumi, bongkahan kayu yang sudah membatu ini tiada ternilai indahnya.

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah fosil kayu bisa didesain beragam bentuk dengan berbagai ukuran. Tinggal dipoles, fosil itu akan menjadi bagian interior ruangan yang memikat. Semakin tak beraturan warnanya, penampilan fosil kayu semakin mempesona. Polesan yang halus menghasilkan kilauan alami tiada bandingnya. Karena itulah, fosil kayu tergolong barang mewah dan berkelas.

Fosil kayu ukuran kecil diletakkan di atas meja tamu atau meja kerja. Bongkahan kayu yang sudah mengeras ini memberi kesan lux. Ukuran sedang dengan bentuk tak beraturan menjadi daya tarik tersendiri jika ditaruh di ruangan. Letakkan di sudut atau meja foyer.Semakin tua usianya, kilauan fosil semakin menggoda. Pada malam hari, tembak dengan sorotan lampu hingga cahayanya menembus fosil, rasakan sendiri keindahan kilauannya.

Fosil kayu merupakan karya alam. Setiap bongkahan masih menyisakan guratan kayu, namun sudah mengeras. Kalangan tertentu sengaja membuatkan bongkahan kayu itu dalam bentuk utuh dan memanjang seperti pohon aslinya. Mereka menjadikan pohon jutaan tahun itu sebagai tempat duduk di luar ruangan. Atau, Anda tertarik dengan bentuk bundar dibiarkan masih gelondongan? Dibentuk apa pun, fosil kayu ini tetap indah dan memikat. Demikian juga diletakkan di mana pun, ia tetap mencuri perhatian.

Karena karakteristik penampilam dan asal usul kejadiannya, maka Batu Sempur Banten tidaklah berlebihan jika dinamai sebagai ” Kado dari Negeri Cincin Api” ( A Gift from the Ring of Fire).

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Coretan Ringan. Tandai permalink.

7 Balasan ke Batuan Sempur

  1. Coal berkata:

    Subhanallah yang telah menampakkan kebesarannya melalui fosil kayu sempur. Mohon dikirim foto-foto yang ada berikut dengan harganya, Terima kasih

    • adberto berkata:

      terima kasih atas atensi bapak.. untuk konfirmasi harga dapat bapak menghubungi bapak Candra di noomor 081808352556 atau bapak Aan Mulyana nomor 08129593882..:)

  2. adberto berkata:

    wah bagus tuh batu sempur dari kayu jati.. untuk informasi bisa Pak prasetyo berkirim email ke adberto@gmail.com.. trima kasih atensinya ya pak.. salam dari banten..

  3. Zainal berkata:

    Batu ny bagus” euy

  4. prasetyo berkata:

    batu yang sangat indah…ditempat saya dudukan batu sempur berupa akar jati/tunggak yang ada gembolnya banyak tapi tidak tau pemasaranya mohon petunjuknya….

    • adberto berkata:

      bisa bekerjasama dengan pengrajin batu fosil/sempur Pak, karena tidak semua pengrajin memanfaatkan akar pohon untuk dudukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s